Uncategorized

Ketahui Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Sewa Apartemen

Sudah menemukan apartemen idaman untuk ditinggali sementara? Anda juga sudah melakukan lobi pada pihak pengembang? Kalau begitu, tinggal tandatangani kontrak, Anda sudah bisa tinggal di apartemen tersebut, kan? Eits, tunggu dulu! Sebelum Anda menandatangani kontrak sewa apartemen, ketahui dulu hal-hal berikut ini!

  1. Cek Keakuratan Data

Ketika disodorkan surat perjanjian sewa apartemen, ceklah keakuratan data di surat tersebut lebih dulu. Jangan sampai ada kesalahan seperti nama dan alaman, durasi masa sewa, tanggal jatuh tempo dan masih banyak lagi. Jangan takut mengajukan pertanyaan pada pengembang atau pemilik apartemen itu bila terdapat kesalahan penulisan.

Kalau perlu, Anda bisa meminta dibuatkan surat kontrak baru yang benar. Ingat, surat kontrak seperti ini sangat sensitif. Salah-salah, bisa saja ada gugatan di kemudian hari karena ada perselisihan atau pelanggaran kontrak tersebut.

  1. Perhatikan Besarnya Biaya Deposit

Ketika Anda menyewa apartemen, Anda diharuskan membayar sejumlah dana deposit terlebih dulu. Besarnya uang ini beragam. Biasanya digunakan sebagai jaminan dan Anda bisa mengambilnya ketika masa sewa sudah berakhir. Penting untuk Anda mengetahui syarat dan ketentuan pengembalian uang deposit tersebut.

Selain itu, ketahui juga ketentuan-ketentuan yang menyebabkan uang deposit tidak dikembalikan baik sebagian atau keseluruhannya. Salah satunya, misalnya karena Anda menyewa kurang dari masa kontrak dan lainnya. Perhatikan ini dengan saksama agar tak terjadi perselisihan di kemudian hari.

  1. Perawatan Unit

Kebanyakan pihak pengembang apartemen mengharuskan keadaan apartemen tetap sama seperti unit tersebut baru dipindahi. Itu artinya, tata letaknya tak boleh berubah. Ini akan jadi masalah ketika Anda ingin mendekorasi ulang tempat tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda bertanya tentang klausul perawatan unit seperti hal ini.

  1. Melakukan Pengalihan Sewa

Maksud dari pengalihan sewa ini adalah si penyewa yang menandatangani kontrak mengalihkan sewanya pada orang lain saat terdsak. Cek kembali apakah ketentuan seperti ini ada dalam perjanjian atau tidak. Kebanyakan kasus, apartemen tidak memperbolehkan adanya pengalihan sewa ini apalagi tanpa seizin pemilik atau pengembang.

Bisa-bisa, Anda terkena masalah jangka panjang di kemudian hari bila melakukan hal ini. Lebih parah lagi, Anda bisa terkena masalah hukum. Oleh sebab itu, tanyalah lebih dulu apakah ketentuan ini ada dalah surat kontrak sewa apartemen tersebut.

  1. Bagaimana Bila Terjadi Perselisihan

Dalam hal sewa menyewa, umumnya pasti ada yang terjadi perselisihan dalam klausul sewa. Lihat kontrak perjanjian bagaimana cara menyelesaikan perselisihan tersebut. Kontrak perjanjian yang baik pastinya lebih mengedepankan musyawarah dan mufakat lebih dulu. Kalau tidak bisa, barulah sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

  1. Waspada dengan Penalti

Dalam hal sewa menyewa ini, biasanya juga akan ada biaya penalti. Biaya ini bisa dikenakan bila Anda melakukan beberapa hal terlarang seperti merusak pintu, TV, AC dan perabotan lainnya. Perhatikan dengan baik apa yang akan membuat Anda terkenal penalti. Dengan begitu, Anda bisa menghindarinya.

  1. Tersedianya Info List Barang

Poin yang paling penting, pastikan dalam klausul tersebut ada info tentang barang yang tersedia di unit tersebut. Hal ini bertujuan agar tak ada klaim yang merugikan salah satu pihak kemudian hari tentang barang yang ada di unit tersebut.

Selain ketujuh hal tersebut, pastikan surat perjanjian ditandatangani di atas materai, ya! Gunanya agar surat kontrak tersebut memiliki kekuatan hukum. Nah, bila Anda mencari apartemen terbaik dengan perjanjian sewa terbaik, bisa pilih Green Pramuka City saja. Sebab, fasilitas di apartemen ini juga oke!

Author

greenpramuka92@gmail.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of