3 Langkah untuk Membeli Apartement Bagi yang Hanya Memiliki Gaji 5 Juta

Setiap orang pasti hendak mempunyai tempat bermukim sendiri, lagipula jika telah berkeluarga atau sedang berencana menikah. Jika ketika ini Anda bermukim di lokasi tinggal kos atau lokasi tinggal kontrak pasti suatu ketika Anda bakal lelah menunaikan uang sewa yang semakin lama semakin mahal. Daripada terus membayar ongkos sewa, lebih baik Anda menunaikan mahal di mula untuk lokasi tinggal sendiri tetapi lantas mempunyai asetnya.

Hanya saja dengan gaji sebesar Rp5 juta Anda tentu merasa mempunyai kekhawatiran terhadap harga lokasi tinggal yang paling mahal. Karena tersebut apartemen bisa menjadi pilihan solusi untuk Anda. Di samping harganya yang lebih murah, apartemen juga seringkali terletak di tempat yang strategis. Anda bisa menyesuaikan apartemen yang diharapkan dengan lokasi pekerjaan Anda sehari-hari. Dengan begitu ada ongkos transportasi yang dapat dihemat.

Namun apakah Anda dapat membeli suatu apartemen dengan gaji Rp5 juta? Jawabannya bisa, asalkan kita menyesuaikan apartemen yang diharapkan serta jangka waktu melakukan pembelian dengan keterampilan Anda ketika ini. Ada beberapa pilihan cara yang bisa Anda pakai untuk melakukan pembelian apartemen. Baik secara tunai maupun dengan sistem cicilan.

Berikut ialah beberapa tahapan yang bisa Anda pakai untuk melakukan pembelian apartemen walaupun dengan gaji Rp 5 juta per bulan:

#1 Pilih Apartemen dengan Cermat

Semakin spesifik informasi tentang apartemen yang Anda mau maka bakal semakin gampang mengatur tahapan untuk mendapatkannya. Pastikan dimana apartemen yang kita inginkan, berapa ukuran serta spesifikasi apartemen tersebut. Selain tersebut Anda pun harus memahami seluruh ongkos yang dibutuhkan. Bukan melulu harga apartemen tersebut, tetapi pun seluruh biaya-biaya beda yang mesti ditunaikan untuk mengurus pembelian apartemen tersebut. Jangan hingga ada ongkos yang terlewat dan tidak disiapkan. Jika urusan itu terjadi nantinya kita akan keadaan bingung ketika bakal mengeksekusi pembelian apartemen.

Anda pun harus mempertimbangkan ongkos transportasi serta keefektifan waktu andai Anda bermukim di apartemen tersebut. Misalnya Anda dapat saja menemukan apartemen yang paling murah tetapi lokasinya terletak paling jauh dari lokasi Anda berkegiatan masing-masing hari. Akibatnya ongkos yang seharusnya dihemat dari harga apartemen yang murah malah habis dipakai untuk membayar ongkos transportasi. Bahkan ongkos transportasi dalam sejumlah tahun dapat saja menjadi lebih banyak daripada deviden yang diperoleh karena melakukan pembelian apartemen yang murah.

#2 Cari Promo Apartemen

Jika Anda hendak mendapatkan harga apartemen yang murah, tidak boleh malas untuk menggali promo apartemen. Seringkali pengembang memberikan harga yang murah guna apartemen yang masih dalam etape pembangunan. Harga apartemen tersebut kemudian dapat meningkat berkali-kali lipat sesudah apartemen itu jadi. Karena itu usahakanlah untuk menggali promosi apartemen yang masih dalam masa pembangunan. Dengan begitu Anda dapat mendapatkan harga yang optimal.

#3 Buat Perencanaan Keuangan

Setelah menilai apartemen mana yang hendak dibeli, Anda mesti memutuskan tujuan finansial membeli apartemen dengan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time-bound). Dengan mempunyai spesifikasi yang mendetail, Anda bisa menghitung berapa duit yang harus dikoleksi saat ini. Ada dua pilihan teknik untuk melakukan pembelian apartemen tersebut, baik secara tunai maupun dengan cicilan. Anda mesti mempertimbangkan tidak sedikit hal dalam memilih cara pembelian.

Pastikan berapa lama jangka masa-masa yang diharapkan untuk melakukan pembelian apartemen tersebut. Jika keperluan mempunyai apartemen individu saat ini paling mendesak, kita dapat memakai pilihan cicilan. Dengan begitu Anda bisa segera melakukan pembelian apartemen itu di tahun yang sama. Hanya saja guna gaji Rp5 juta akan susah untuk membayar angsuran per bulan yang sangat tidak berkisar Rp3 juta, tersebut pun apartemen yang harganya tidak terlampau mahal. Jika kita tetap berniat untuk memungut cicilan, Anda mesti siap guna menggunakan perkiraan super ketat. Kurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak dibutuhkan dan carilah pilihan yang lebih murah guna kebutuhan-kebutuhan Anda. Pastikan Anda dapat berkomitmen guna membayar angsuran tersebut. Mungkin bakal terasa paling berat untuk ketika ini, namun nantinya Anda telah mempunyai sebuah aset berupa apartemen pribadi.

Tinggalkan komentar